Kertas Undangan Pernikahan

kertas undangan pernikahanPara calon pengantin mungkin bingung, ketika mereka datang ke percetakan / vendor undangan pernikahan mereka ditanyakan tentang kertas yang mereka inginkan untuk membuat kartu undangan mereka.

Disini kita membahas sedikit tentang kertas yang biasa digunakan, baik itu kertas jenis fancy, recycled, coated dan uncoated paper yang hampir selalu dipakai untuk wedding card.

Kertas Fancy (Fancy Paper)
Ada beberapa jenis kertas fancy yang biasa dicetak untuk undangan pernikahan, diantaranya adalah Jasmine, Hawaii, Arturo, Bamboo, Neenah, Bluish White (BW), Concorde, Corona, Conqueror dan lainnya.

Kertas Coated
Kertas jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak undangan berphoto, baik itu monochrome ataupun fullcolor. ArtPaper dan ArtCarton merupakan jenis kertas coated yang memiliki sifat Glossy (cerah) adapula MattePaper yang memiliki warna dopp, agak buram tapi elegan.

Kertas UnCoated
HVS adalah kertas uncoated yang semua orang pasti tahu ada juga beberapa jenis lainnya dari uncoated seperti Brief Card (BC), dan lainnya. Kebanyakan Fancy Paper juga termasuk kedalam jenis kertas UnCoated.

Recycled Paper (Kertas Daur Ulang)

Pada dasarnya kertas merupakan bahan daur ulang, hanya kertas jenis premium yang dibuat dari pohon asli. Tapi dalam kasus ini, kertas daur ulang merupakan kertas yang di daur ulang secara khusus dengan menambahkan bahan lainnya.

Warna Kertas Undangan Pernikahan
Dasar dari kertas hampir semuanya berwarna putih, jika punya cnntoh undangan pernikahan dengan warna lain, ada dua kemungkinan.
  1. Kertas putih dicetak blok, sehingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  2. Kertas diberi pewarna pada saat proses produksi kertasnya di pabrik.
Kertas fancy memiliki beberapa pilihan warna, diataranya yang populer adalah white, broken white, cream, blue, green dan beberapa warna soft lainnya. Tapi untuk Jasmine dan Hawaii ada beberapa warna yang mencolok seperti gold, red dan lainnya.

Jadi Kertas Yang Mana Yang Cocok Untuk Undangan Pernikahan?

Sulit menjawab ini, karena tergantung pada beberapa hal. Seperti undangan pernikahan jenis manakah yang akan dipakai nantinya? Teknik cetak yang mana yang akan diterapkan? dan beberapa hal lainnya.

Pada dasarnya calon pengantin bebas memilih, terserah. Namun, untuk hasil yang maksimal, sebaiknya mengikuti sifat kertas yang akan digunakan.
  1. Untuk undangan pernikahan dengan photo (fullcolor ataupun monochorome) sebaiknya menggunakan kertas coated seperti ArtPaper, ArtCarton ataupun MattePaper.
  2. Undangan Letterpress sebaiknya pakai fancy paper yang tebal. Sekitar 220 - 2000 gsm. Biasanya kertas import.
  3. Yang tidak termasuk diatas, bisa menggunakan kertas apapun yang sesuai dengan budget maupun keinginan calon pengantin.

Jika memiliki informasi tambahan ataupun pertanyaan mengenai kertas undangan pernikahan, bisa ditambahkan pada komen box dibawah ini.

No comments:

Post a Comment